WELCOME TO MY BLOGLet's join myblog, contact me

IT Literacy



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar belakang
Semakin berkembangnya zaman, semakin maju pula cara kita dalam menghadapi kehidupan yang sudah canggih ini. Jika kita tarik ulur pada zaman dulu, informasi hanya ditemukan lewat lisan secara langsung, adapun informasi secara tidak langsungnya melalui coretan-coretan di batu, daun, hingga semakin berkembangnya zaman informasi bisa
disampaikan melalui tulisan yang dimuat dalam lembaran-lembaran kertas hingga kini menjadi buku.
Kini muncullah generasi yang mampu menghadirkan teknologi yang mempengaruhi khalayak dalam mengelolah, memperoleh dan menyampaikan informasi. Bukan itu saja, teknologi juga mampu memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi walau dalam jarak yang jauh.
Teknologi yang berkembang pesat telah memudahkan kita untuk mengerjakan sesuatu dalam segala aspek. Salah satunya dalam aspek pendidikan. Dalam berbagai proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) tentulah memerlukan teknologi informasi yang sekarang bisa disebut “IT Literacy” sebagai sarana pendidikan yang sangat urgensi khususnya bagi para pendidik dan para pelajar/mahasiswa. Tak jarang mahasiswa melaksanakan tugas-tugasnya dalam karya-karya yang dibuatnya dari berbagai penelitian yang mereka lalui hingga terciptalah suatu karya ilmiah.
Dalam menulis karya ilmiah tentu membutuhkan perangkat untuk mengerjakannya. Disinilah letak urgensi IT Literacy dalam pembuatan karya ilmiah, yaitu sebagai sarana pendukung terciptanya sebuah karya ilmiah.

B.  Ruang Lingkup masalah

            Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis bermaksud menuliskan ruang lingkup masalah sbagai berikut.
            Teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan kita. Khususnya dalam bidang pendidikan. Kini dalam pendidikan pun terdapat pembelajaran tentang teknologiyang disebut IT atau TIK. IT berperan penting dalam penulisan karya ilmiah. Pada pembahasan yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya dalam makalah ini terdapat poin-poin permasalahan yang akan dipecahkan berkaitan dengan IT Literacy, yaitu tentang definisi IT Literacy, definisi karya ilmiah dan peran IT Literacy dalam karya ilmiah.
C.  Maksud dan tujuan penulisan
            Makalah ini dibuat dengan maksud menunaikan dan melaksanakan tugas Ujian Tengah Semester Ganjil mata kuliah IT Literacy. Adapun pembuatan makalah ini bertujuan untuk mengetahui peran IT Literacy dalam penulisan karya ilmiah serta memberi pemahaman terhadap para pembaca sekalian. Amin.




BAB II
PEMBAHASAN

A.  Definisi IT Literacy
            IT Literacy mengandung 2 kata, yaitu IT dan Literacy. Kedua kata ini berasal dari bahasa Inggris. “IT” adalah singkatan dari kata Information Technology yang dalam bahasa Indonesia disebut juga Teknologi Informasi. Sedangkan kata Literacy” dalam Kamus Bahasa Inggris berarti melek huruf, literasi, atau kemampuan membaca dan menulis.
Adapun beberapa pendapat tentang arti dari teknologi informasi (IT)
-       Menurut kamus Oxford (1995), teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama computer untuk menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata, bilangan dan gambar.[1]
-       Menurut Alter (1992), teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosetan data seperti menyimpan, mengambil, memanipulasi atau menampilkan data.[2]
-       Menurut Lucas (2000) menyatakan secara umum bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis, seperti mikrokomputer, computer mainframe, software pemproses transaksi perangkat lunak untuk kerja.
-       Menurut William dan Sawyer mengemukakan bahwa “teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video”.
            Dari beberapa pendapat di atas yang dimuat oleh Cepi Riyana dalam jurnalnya Pelatihan TI untuk Pesantren bisa dikatakan bahwa Teknologi informasi (IT) adalah segala bentuk teknologi baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang berpotensi mengirimkan, mengelolah dan menghubungkan berbagai jenis data dengan jalur koneksi komunikasi.

B.  Definisi Karya ilmiah

Secara etimologi karya ilmiah terkandung dalam dua kata yaitu karya dan ilmiah.menurut KBBI karya berarti kerja, pekerjaan, hasil pekerjaan, buatan, ciptaan, terutama hasil karangan. Sedangkan kata “ilmiah” berarti secara ilmu pengetahuan, sesuai dengan syarat hukum ilmu dan pengetahuan. Jadi secarah harfiah karya ilmiah berarti hasil pekerjaan atau ciptaan yang sesuai dengan syarat hukum ilmu dan pengetahuan. Jadi, penulisan karya ilmiah merupakan karya tulis yang dibuat oleh para ilmuan yang berupa hasil ciptaan yang sesuai dengan hukum atau kaidah ilmu dan pengetahuan dari hasil penelitian atau hasil kepustakaan.

c. Peran IT dalam penulisan karya ilmiah

1.    Teknologi Informasi (IT) sebagai alat

Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK(IT) digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya.[3] Dengan adanya teknologi informasi atau yang disingkat IT, memudahkan kegiatan pendidikan khususnya bagi para mahasiswa yang sangat memerlukan alat bantu guna membuat karya ilmiah. Tidak dipungkiri bahwa teknologi merupakan hal yang urgensi dalam penulisan karya ilmiah. Misalnya dari segi media, computer merupakan perangkat teknologi yang mendukung dalam penulisan karya ilmiah.

2.    Ilmu Teknologi (IT) sebagai pengetahuan

Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya.di dalamnya terdapat mata pelajaran tentang penulisan karya ilmiah berkaitan dengan metode, tahapan, ciri-ciri, serta kritria karya ilmiah. Hal ini memudahkan mahasiswa dalam membuat sebuah karya ilmiah.
Menurut M. Nazir (1988) mengatakan bahwa penulisan karya ilmiah harus dibuat dengan cara menerapkan prinsip-prinsip yang logis terhadap suatu penelitian sesuai dengan kebenaran, yakni dengan kaidah kriteria metode ilmiah[4].

Berikut adalah materi tentang karya ilmiah.

a.    Kriteria karya ilmiah

1.    Berdasarkan fakta
Bukan perkiraan, khayalan atau legenda.
2.    Tidak subyektif, terhindar dari berbagai prasangka.
3.    Menggunakan prinsip-prinsip analisis yaitu kausalitas dan pemecahan masalah saling berkaitan (analogis).
4.    Menggunakan hipotesis.
5.    Bersifat obyektif, tidak berdasarkan perasaan.

b.    Adapun karakteristik metode ilmiah:

1.    Bersifat kritis dan analisis yaitu dengan menunjukkan proses identifikasi masalah yang tepat dan menentukan metode untuk pemecahan masalah. Dengan menggunakan rumus 5W1H.
2.    Bersifat logis yaitu dengan adanya argumentasi ilmiah serta menarik kesimpulan dengan rasional berdasarkan bukti-bukti yang ada.
3.    Bersifat obyektif, artinya dapat dicontohkan atau diteliti oleh ilmuan yang lain dalam bidang kajian yang sama.
4.    Bersifat konseptual. Penelitian yang dikembangkan berdasarkan konsep dan teori sehingga hasil yang diperoleh bisa dipertanggungjawabkan.
5.    Bersifat empiris, yaitu dengan metode penelitian yang terjunlangsung ke lapangan.


c.   Ciri-ciri karya ilmiah

Ciri-ciri karya ilmiah bisa dikaji melalui 4 aspek.

1.    Struktur penyajian
Struktur penyajian terdiri dari bagian pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. 
2.    Komponen dan substansi
Komponen karya ilmiah sesuai dengan jenisnya. Namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup dan daftar pustaka. Adapun artiken pada jurnal mensyaratkan adanya abstrak.
3.    Sikap penulis
Sikap penulis dalam karya ilmiah harus bersifat obyektif. Maksudnya penulis harus menggunakan bahasa impersonal, menggunakan kata kerja pasif dan tidak menggunakan kata ganti pertama atau kedua.
4.    Penggunaan bahasa
Menggunakan bahasa yang baku, menggunakan pilihan istilah dan kalimat-kalimat yang efektif. Yang sesuai dengan KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia).

d.    Macam-macam karya ilmiah

1.    Makalah
Karya ilmiah yang membahas tentang suatu penelitian lapangan atau hasil kajian yang disampaikan melalui berbagai seminar (pertemuan ilmiah) atau merupakan sekumpulan tugas yang diberikan pada dosen pada mahasiswanya.
2.    Skripsi
Karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan atau kajian pustaka yang dipresentasikan di depan siding ujian dalam rangka menyelesaikan studi tingkat Strata (S1) untuk memperoleh gelar sarjana.
3.    Tesis
Karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian strata dua (S2) yaitu syarat memperoleh gelar megister. Pembahasan yang diungkap dalam tesis ini berdasarkan persoalan ilmiah secara kritis.
4.    Artikel
Karya ilmiah yang berisi prosa yang dimuat dalam media massa yang membahas tentang isu, berita yang sedang berkembang di masyarakat.
5.    Esai
Esai, adalah ekspresi tertulis dari opini penulisnya. Sebuah esai akan makin baik jika penulisnya dapat menggabungkan fakta dengan imajinasi, pengetahuan dengan perasaan, tanpa mengedepankan salah satunya.

3.    Ilmu Teknologi (IT) sebagai sumber informasi

Teknologi mencakup pada berbagai aspek yang luas. Teknologi juga berperan sebagai media informasi berfungsi memfasilitasi dalam penulisan karya ilmiah. Melalui internet terdapat bahan-bahan yang bisa dijadikan referensi karya ilmiah. Seperti e-book. Pdf, e-library dll. Keterbatasan referensi berupa buku bisa digantikan dengan mendowunload e-book pada e-library.
BAB II
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Teknologi informasi (IT) adalah segala bentuk teknologi baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang berpotensi mengirimkan, mengelolah dan menghubungkan berbagai jenis data dengan jalur koneksi komunikasi.            IT Teknologi telah mempengaruhi beberapa aspek dalam kehidupan, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dalam penulisan karya ilmiah sendiri mempunyai peran urgensi dalam penulisan karya ilmiah, yaitu peran sebagai alat, sebagai pengetahuan dan sebagai informasi melalui koneksi internet.

B.  Saran
Teknologi memang sangat bermanfaat dalam kehidupan terutama dalam bidang pengetahuan dan pendidikan sebagai sumber informasi dan komunikasi. Namun tidak menutup kemungkinan bisa berdampak negative bagi orang yang tidak menggunakannya dengan benar. Teknologi hanya sarana, alat atau fasilitor yang mempunyai nilai baik maupun buruk tergantung pada orang yang menggunakannya.
Untuk itu kita sebagai pengguna (user) harus menggunakan teknologi dengan benar, memanfaatkan keunggulan teknologi dengan cara yang positif dan meninggalkan hal-hal yang bernilai negative di dalamnya. Khususnya dalam penulisan karya ilmiah untuk menghindari plagiasi dalam pembuatannya.

DAFTAR PUSTAKA

Echols, John  dan Shadily, Hassan, KAMUS INGGRIS – INDONESIA, PT. Gramedia, JAKARTA: 2000.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (digital)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar