WELCOME TO MY BLOGLet's join myblog, contact me

Kamis, 10 Desember 2015

ARTI NAMAKU

SITI HALIMAH: Si Lembut yang Bersemangat


Nama adalah sebuah hadiah pertama yang terindah dalam kehidupan manusia karena merupakan kado spesial bagi tiap orang yang berbeda-beda. Nama adalah sebuah doa, dibalik sebuah nama, orang tua kita berharap kelak kita menjadi seseorang yang nyata dari doa tersebut.
Pada zaman dulu banyak orang  tua di dusun kami yang masih kurang mengerti untuk memberi nama yang baik untuk anaknya. Mereka lebih memilih untuk meminta saran pada para kiyai di daerah kami yang lebih mengerti agar mendapatkan nama yang berarti baik. Karena nama itu adalah sebuah doa. Ketika saya dilahirkan dari Rahim ibu saya,tepatnya di Cirebon, 04 Desember 1996, ibu saya mulai memikirkan satu hal penting yaitu sebuah nama untuk saya. Beliau juga meminta saran nama yang baik untuk saya kepada seorang Kiyai terkemuka di dusun kami karena orang tua saya ingin ketika orang lain memanggil saya, orang lain memancatkan sebuah doa untuk saya.
            Dan suatu hari ibu saya datang ke rumah KH. Makubi yang terkemuka di dusun kami. Rumahnya tidak terlalu jauh, hanya beda satu gang dari rumah kami. Kiyai tersebut memberikan 3 pilihan nama, yaitu Imah, Yatimah, dan Siti halimah. Beliau juga menjelaskan arti dari 3 nama tersebut. Imah, hanya nama ringkas yang mudah diingat. Yatimah artinya anak permuan yang yatim. Kiyai tersebut memberikan pilihan nama itu karena beliau tahu bahwa saya lahir dalam keadaan yatim, karena bapak saya telah meninggal selum saya lahir. Dan ibu saya memilih nama yang ketiga yaitu Siti halimah. Siti halimah adalah nama dari Bahasa Arab yang artinya wanita yang lembut, wanita yang penyantun atau wanita yang sabar.  

            Kini saya tumbuh menjadi seorang remaja. Banyak orang yang mengatakan ketika saya berbicara itu lembut. Dan ada beberapa teman yang mengatakan bahwa diri saya ini lembut. Mungkin karena saya adalah orang yang bersifat perasa yang ketika dibentak dengan mudah meneteskan air mata. Mungkin itu karena terbawa nama.
            Ada juga beberapa kakak kelas yang menjuluki saya dengan sebutan “Si muka polos”. Sejujurnya saya tidak ingin dijuluki seperti itu. Tapi apa daya wajah saya memang seperti ini.  Padahal saya ingin mereka mengetahui bahwa dibalik “Muka polos” yang mereka katakan, terdapat ketegaran dan ketegasan sikap. Hanya saja mungkin sifat lembut dan muka polos itu terbawa dari nama saya.
            Saya ingin mengubah penilaian orang lain terhadap saya. Walaupun mereka menganggap saya bersifat lembut, tapi saya tidak ingin menjadi orang yang terlalu lembut. Saya ingin mereka mengetahui bahwa di balik nama saya yang berarti lembut ada semangat yang tidak pernah padam dalam hal apapun yang bersifat positif.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar